Sabtu, 25 September 2010

Pertama-tama saya mengucap syukur kepada Allah SWT yang mana telah memberikan rizki baik berupa ilmu maupun kesehatan dan yang tak kita rasakan saat ini.
Dan shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi akhir zaman, Nabi Besar Muhammad SAW dan para Sahabatnya. amin, amin, amin ya robbal alamin.
Saya mengerti bahwa dalam penyusunan Blog ini masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan yang masih perlu di benahi, oleh karena itu kritik dan saran masih saya perlukan dalam penyempurnaan blog ini.
Sebelumnya saya mohon maaf atas sesuatu yang kurang berkenan di hati pembaca, karena kebenaran hanyalah milik Allah SWT.


Masalah minyak bumi sudah tidak asing lagi dan banyak menolong kehidupan kita, karena emas hitam ini sangat erat dengan kehidupan kita. seperti saat menggunakan kendaraan bermotor, menyalakan kompor yang berbahan dasar minyak dan lain sebagainya.
Tetapi juga minyak bumi ini dapat membuat kita terpojok atau malah membunuh secara pelan-pelan ekonomi kita. Seperti: krisis moneter, kelangkaan bahan bakar, dan banyaknya kenaikan bahan-bahan lain yang minyak bumi di buat sebagai alasan.
Pada dasarnya kita harus menghemat bahan bakar yang tidak bisa di buat secara langsung ini dengan memakainya seefisien mungkin seperti saat seperti keluar rumah dengan kendaraan bermotor yang tidak jauh dan  terlalu terburu-buru, tambah lagi kita masih kuat dan sehat dengan mengayuh sepeda yaitu salah satu alat transportasi yang menyehatkan, tidak berbahan bakar dan tidak berpolusi hanya bisa mengeluarkan keringat kita dan menjadikan kita tidak sakit-sakitan.
Bahan bakar ini asalnya dari minyak bumi yang di ambil dari resevoir ( tempat terkumpulnya minyak dan gas bumi ) dari batuan source rock ( batuan induk ) yang proses terjadinya dengan sedimentasi bangkai-bangkai hewan laut pada zaman purba seperti mikro organisme yang terawetkan  kemudian terdindih da di tutupi oleh lapisan sedimen akibat proses sedimentasi sehingga mendapat tekanan dari atas / over burden dan temperatur yang tinggi dengan hampir tidak ada oksigen sehingga tidak ada pembusukan saat proses awal terjadinya minyak bumi ini. Saat proses sedimen ini berlangsung di atas dari pada bangkai-bangkai ini, ada penguraian bakteri terhadap bangkai-bangkai ini di tambah tekanan dan temperatur yang cukup tinggi sampai menjadi hidro karbon.
Bangkai hewan dan tumbuhan laut pada zaman purba ini mati kemungkinan karena meteorid yang jatuh ke bumi dan mengakibatkan badai debu yang menutupi permukaan bumi dan menghalangi cahaya sinar matahari masuk mengakibatkan iklim bumi yang ekstrim, sehingga hewan dan tumbuhan purba saat itu mati masal karena faktor alam baik di darat maupun di laut.
Sebenarnya ada dua teori mengenai minyak bumi, yaitu:
1. teori organik dan
2. teori anorganik
tetapi teori yang populer dan dapat di bilang teori yang lebih dapat di nalar karena penguraiannya adalah teori organik pembentukan reservoir ini, sedangakn teori anorganik menjelaskan asal mula minyak bumi dari batuan yang mengeluarkan minyak di pori-pori batuan itu.
Saya pun sependapat dengan teori organik ini karena seperti proses peragian tape yang juga mengeluarkan cairan karena bakteri yang mengurai ketela pohon itu sebelum menjadi tape yang mengeluarkan cairan, yang cairan tersebut dapat menjadi alkohol dengan proses penyulingan.

RESERVIOR MINYAK DAN GAS BUMI

Saat setelah di lapisan sedimen terbentuk minyak dan gas bumi, kemudian migas ter sebut bermigrasi ke lapisan yang lebih tinggi disebabkan oleh perbedaan berat jenis antara migas dan air laut.
minyak dan gas yang bermigrasi akhirnya terjebak  di suatu lapisan batuan ( biasanya lapisan batuan berpasir ) dan tidak dapat berpindah lagi / terjebak . Lapisan batuan tempat terjebaknya migas disebut sebagai reservoir migas apabila:
-mempunyai lapisan tudung / cap rock yang tidak bisa di tembus oleh migas karena sifatnya impermeabel
-mempunyai lapisan batuan berpori, dimana pori-pori tersebut harus saling berhubungan supaya minyak dan gas dapat mengalir / porous dan permeabel
-mempunyai stuktur perangkap

berikut gambar yang berhubungan dengan reservoir












ini adalah gambar dari teori lapisan reservior di bawah permukaan tanah yang mempunyai keterangan sebagai berikut:
- di bawah permukaan bumi terdapat batuan berpori (porous rock) artinya, batuan tersebut memiliki pori-pori atau ruang-ruang kecil dalam batuan ini, dan juga batuan ini memiliki sifat dapat mengalirkan fluida lewt pori-porinya (saturasi).
- di dawahnya lagi terdapat air, tetapi tidak seperti awal kita bayangkan. ternyata air ini terdapat di dalam batuan berpori juga yang biasanya air ini diproduksikan tetapi untuk konsumsi keseharian
-di bawah lapisan air ter dapat batuan yang tidak dapat tertembus oleh fluida, yang inilah menyebabkan minyak dan gas bumi tidak bisa berlari kemana-mana dan terdapat bentuk lapisan yang menyerupai mangkok terbalik (cap rock)
-di bawah lapisan migas ini juga terdapat air, tetapi air ini mempunyai kadar garam dan tercampur HC yang cukup menyatu kare reservoir sendiri memiliki tekanan dan temperatur ada 2 x tekanan dan temperatur permukaan. air asin ini juga berasal dari laut yang juga terikut tertimbun sedimentasi di laut, karena pada teorinya minyak berasal dari micro organisme laut.
- di bawahnya lagi ter dapar batuan yang kedap / impermeabel terhadap fluida reservoir




gambar patahan akibat gempa bumi dan akhirnya minyak mengalir pada sela-sela patahan itu.











gambar pori-pori batuan reservoir. tempat fluida reservoir berada di reservoir.




            http://twitter.com/adam99maksum

1 komentar: